Sabtu, 24 September 2011

Pudge the Butcher - Nyiaaaahh FRESH MEAT !

Hello guys I'm back again! Setelah sekian lama (banget) gue vakum dari dunia blogging akhirnya balik lagi setelah kesambet sama temen LOL. Walopun gue udah vakum dari dunia blogging, tapi tidak dalam dunia DotA. Selama vakum gue non-stop main DotA, seminggu sekali wajib DotA minimal 5 jam (syarat & ketentuan berlaku). Oke cukup Intermezzonya, mari kita beranjak ke guide!
Introduction

Pudge, salah satu dari sekian ratus hero DotA yang paling mengerikan. Kombonya yang dahsyat bisa langsung melumatkan musuhnya dalam sekali gigit! Itulah yang membuat dia ditakuti jika dia menghilang dari map dan berusaha mencari mangsa untuk dihabisi. Namun dibalik kehebatan yang besar pasti juga ada tanggung jawab yang besar. Ya, Pudge memegang tanggung jawab yang besar sebagai Ganker/Killer yang sangat mematikan di Early Game karena disaat itulah kombonya yang mematikan benar-benar memperlihatkan kehebatannya. Namun jika dia gagal membawa misi besar tersebut, bisa dibilang dia akan kesulitan untuk berkembang disaat Mid - Late Game.

Drafting

Drafting, atau (menurutku) artinya adalah "kapan atau saat apa kita harus memilih hero ini ?", adalah hal yang penting dalam bermain DotA karena jika kita memakai hero yang benar kita bisa membalikkan keadaan, begitu juga sebaliknya. Untuk Pudge inilah Draftingnya! *based on my experience

Pick Pudge If
  • Kamu mau terlihat PRO dihadapan kawan dan lawan
  • Kamu pengen jadi Ganker/Killer
  • Kamu mau keliling map untuk nge-Gank musuh
  • Kamu tau kapan harus nge-Gank dan kapan harus stay di line mu
  • You love to see your opponent being raped by your Dismember! especially Big Breasted Hero *LOL*
  • Paling penting, kamu terbiasa memakai Pudge
Don't Pick Pudge If
  • Kamu nggak suka keliling map
  • Kamu belum tau adat istiadat nge-Gank
  • Kamu belum terbiasa menggunakan Pudge
  • Kamu masih Newbie
Mungkin segini dulu untuk Drafting Pudge, kalau misalnya ada yang kurang atau ada yang kelebihan dalam Drafting tolong kasih tau melalu comment di Post ini :)

Hero Summary

 Pudge the Butcher

Range: 128 | Move Speed: 285
Primary: STR
Str: 25 + 3.2 | Agi: 14 + 1.5 | Int: 14 + 1.5
Damage: 52 – 58 | HP: 625 | Mana: 182
HP Regen: 1 | Mana Regen: 0.57
Attack Speed: 0.67 | Armor: 2


*sruuuutttt*
Launches a bloody hook at a unit or location. The hook will snag the first target it encounters, dealing pure damage then dragging the victim back to the Butcher.
 Level 1 - Deals 90 damage and drags the victim to the Butcher.
Level 2 - Deals 180 damage and drags the victim to the Butcher.
Level 3 - Deals 270 damage and drags the victim to the Butcher.
Level 4 - Deals 360 damage and drags the victim to the Butcher. 

*Notes
  • Memberikan Pure Damage-type (jadi Meat Hook akan benar-benar memberikan Damage 90/180/270/360 sesuai levelnya, jadi Magic Resistance tidak mempan!)
  • Kamu bisa nge-Hook hero atau apapun yang Invisible, tapi hero atau apapun yang kamu tarik itu tidak terkena mini-stun dari Meat Hook
  • Meat Hook tembus tower, siege units (Mobil), tebing, pohon, dan bangunan-bangunan lainnya. Jadi nggak usah ragu buat nge-Hook musuh!
  • Hanya ujung dari Meat Hook yang narik, bukan sisi-sisinya juga
  • Kalo narik temen, temen nggak akan kena Mini-Stun dari Hook
  • Casting Range Meat Hook adalah 600/800/1000/1200
  • Ketik -st atau -stats agar kamu tau berapa Meat Hook kamu yang miss dan berapa STR yang kamu dapat dari Flesh Heaps

*ngiuuunnngg*
Pudge releases the disease and filth inside of him, dealing intense damage and slowing surrounding enemies while hurting Pudge as well. Reduces enemy movement speed by 20%.
Level 1 - 35 damage per second.
Level 2 - 60 damage per second.
Level 3 - 85 damage per second.
Level 4 - 110 damage per second.
 
 *Notes
  • Rot menghasilkan Magical Damage, jadi Magic Resistance bisa mengurangi damagenya
  • Bisa digunakan saat Dismember tanpa menghentikan Dismember!
  • Saat terkena silent, Pudge tidak bisa men-deactivate Rot
  • Kamu bisa bunuh diri dengan Rot

 Pudge is made of innumerable rotting corpses, giving him extra protection against spells as well as the chance to add more to his bulk.
Level 1 - Gives Pudge 4% extra resistance to spells. +0.9 STR for hero kills.
Level 2 - Gives Pudge 8% extra resistance to spells. +1.2 STR for hero kills.
Level 3 - Gives Pudge 12% extra resistance to spells. +1.5 STR for hero kills.
Level 4 - Gives Pudge 16% extra resistance to spells. +1.8 STR for hero kills.

*Notes
  • Skill ini stack sama barang-barang yang nambah spell resistance seperti Hood of Defiance
  • Pudge akan dapat STR dari hero yang terbunuh 450 AOE (Area of Effect) dari dirinya, atau Pudge yang membunuh hero itu sendiri 
  • Ketik -st atau -stats untuk mengetahui berapa STR yang kamu dapat
*NYIAAH FRESH MEAT!*
 Chows down on a target, causing excruciating pain. Lasts 3 seconds.
Level 1 - 75 damage/second, 75 + 0.75x strength damage per second with Aghanim's Scepter.
Level 2 - 125 damage/second, 125 + 0.75x strength damage per second with Aghanim's Scepter.
Level 3 - 175 damage/second, 175 + 0.75x strength damage per second with Aghanim's Scepter

*Notes
  • Damage-Type Dismember adalah Magical, jadi spell resistance item/skill mengurangi Damagenya
  • Dismember adalah tipe skill Disabler, jadi bisa digunakan untuk hero yang mempunyai Magic Immunity walaupun hero tersebut tidak akan menerima Damage
  • Skill tetap jalan walau musuh menjadi Invisible
  • Jika memakai Aghanim's Scepter, Pudge akan mendapatkan heal sesuai dengan damage dari Dismember!

Bisa dilihat di atas kalo skill-skill nya Pudge tergolong mengerikan karena ada skill yang menghasilkan Damage-Type Pure yaitu Meat Hook, memberikan slow ke musuh Rot, mendapatkan Magic Resistance dan memberikan STR Flesh Heap, dan memberikan damage yang sangat besar sekaligus bisa memberikan HP ke Pudge Dismember
Kombo Pudge sangatlah mudah untuk dijelaskan tapi sulit untuk dipraktekkan. Kamu semua cuma tinggal Meat Hook hero musuh, lalu setelah itu gunakan Dismember dan Rot, aku yakin 90% hero itu akan mati jika dia adalah STR atau hero yang sedikit badak dan 100% jika hero itu empuk sekali. 
Namun dibalik kehebatan itu pasti ada kelemahannya, ya Movement Speednya(MS) yang sangat kecil dan armornya yang menurutku relatif rendah. Tapi jangan terlalu dipikirkan, toh MS masih bisa kita atasi dengan membeli sepatu dan untuk armor bisa kita atasi dengan membeli Hood of Defiance yang nantinya akan membuat kita badak!

Skill Build
Level 1 : Rot
Level 2: Meat Hook
Level 3:  Meat Hook
Level 4 : Rot
Level 5 :  Meat Hook
Level 6 : Dismember
Level 7 :  Meat Hook
Level 8 : Rot
Level 9 : Rot
 Level 10 : Flesh Heap
Level 11 : Dismember
Level 12 : Flesh Heap
Level 13 : Flesh Heap
Level 14 : Flesh Heap
Level 15 : Bonus Stats
Level 16 : Dismember
Level 17 - 25 : Bonus Stats
  
Alasan kenapa ambil Rot Level 1 ? Well, karena diawal-awal Rot itu bisa berguna banget karena pertama dia bisa nge-slow musuh jadi bisa bantu temen untuk First Blood. Kedua itu bisa bikin kita nggak kena First Blood karena Rot bisa bikin kita bunuh diri, kita untung musuh rugi, nyenengin kan ? Menurutku alasannya udah cukup jelasnya, kalo misalnya kurang jelas bisa comment di post ini :D
Item Build

Starter Set

Buat gue ini Starter Item buat Pudge, dan jujur aja ini emang bener-bener enak based on my personal experiences dan dari berbagai sumber-sumber yang ada. Mungkin ini terlalu simpel dan mungkin kalian ada yang berpikir bahwa ini terlalu hemat, tapi memang itu tujuannya. Kita menghemat pengeluaran dan waktu biar Pudge kita bisa stay on the lane terus menerus agar cepat berkembang.

Choices of Item Build

Bagiku ada 2 tipe Item Build untuk Pudge. Pertama adalah Aghanim's Scepter Rush dan Hood of Defiance Rush. Semua Item Build sangat jelas sekali apa yang diincar, Aghanim's Scepter Rush jelas sekali mengincar Aghanim's Scepter, sedangkan Hood of Defiance Rush mengincar Hood of Defiance atau setidaknya membuat Pudge menjadi badak. Pribadi, aku lebih suka Aghanim's Scepter Rush karena jika Pudge sudah mempunyai Aghanim's Scepter, dia pasti akan benar-benar ditakuti karena damage Dismembernya sangatlah besar dan SAKIT! Lambat laun, kamu juga akan menjadi badak karena kamu mendapatkan STR dari Flesh Heap. Tapi semua kembali ke kalian juga, semua tergantung kesukaan kalian lebih suka bikin Aghanim's Scepter dulu, atau Hood of Defiance. After all, it's you who play the hero!

Untuk mendapatkan gambaran build dari masing-masing pilihan, aku kasih sedikit gambarannya disini :)

Aghanim's Scepter Build



Hood of Defiance Build



Boots of Choices

Di DotA sampai sekarang ada 4 sepatu lanjutan dari Boots of Speed, yaitu Power Treads, Phase Boots, Boots of Travel, dan Arcane Boots. Disini gue ingin bahas sepatu mana yang lebih cocok buat Pudge.

Power Treads
Dari Power Treads atau biasa yang disebut PT, Pudge bisa dapet AS yang lumayan. Tapi kalau soal MS, masih mending sepatu yang lain. PT mungkin dibeli kalau playernya mau abuse tambahan status dari PT.

 Arcane Boots
Sepatu yang biasanya dibeli untuk Pudge pada umumnya karena memberikan Mana Boost yang besar. Sangat membantu Pudge karena Mana Pool Pudge sangatlah sedikit. Tapi kita punya botol, dan bagiku itu udah cukup meng-cover Mana Pool yang sedikit itu. Gue juga make Arcane Boots, tapi itu kalo gue main kombo sama temen ato sama temen di lane.

Boots of Travel
Sepatu paling bagus untuk tipe mobile seperti Pudge, tapi harganya yang cukup mahal membuat ini kurang cocok buat Pudge diawal-awal karena uangnya lebih baik dipake buat beli item lain yang nanti bisa bikin kita lebih profit dari awal sampe akhir. Anyway, one of the best choice to mobile out there.
Phase Boots 
Pribadi gue lebih suka sama Phase Boots karena efeknya sangat membantu Pudge untuk kabur dan mengejar hero musuh. Selain itu juga dia ngasih damage yang untuk awal-awal sangat membantu Pudge untuk last hit. 


Gue udah meng-summary semua sepatu yang cocok buat Pudge, dan menurutku yang paling bagus adalah Phase Boots! Tapi semua kembali ke kalian lagi,kalian yang main dan kalian yang nantinya ngerasain benefit dari masing-masing sepatu yang ada.

so, gue tau kalian sekarang pasti udah dapet gambaran skill build dan item build nya kan ? kalo udah ya alhamdulillah, tapi kalo belum coba baca lagi dan kalo misalnya belum jelas comment aja atau contact me! Oke sekarang mari kita lanjut ke how to play section!

How to Play!

Sebelum ke membahas sesi ini, pertama-tama aku mau bilang kalo disini aku cuma ingin menjelaskan secara singkat saja cara-cara bermainnya yang MENURUTKU itu benar dan enak. Jadi jangan terlalu terpaku sama guide ini ya, anggep aja ini cuma kayak jadi gambaran buat kalian aja. Play with your own style!

Early Game
Item awal menggunakan Starter Set, setelah itu pilihlah mid! Pudge pasti akan sangat bisa berkembang di mid apalagi kalau musuhnya adalah hero-hero yang gampang buat diperkosa semacam Traxex, Sniper, Shadow Fiend, etc. Kalaupun nggak dapet mid, yaudah jalan lain adalah atas atau bawah. Kalau aku pribadi aku pilih atas karena di atas main fog-nya jauh lebih enak dan mudah daripada di bawah. One more thing, jangan pernah ragu untuk nge-Hook musuh! Kalau kamu ragu terus, kapan mau jago dan kapan mau nge-kill musuh kamu ? Be brave baby! Ingat, setelah nge-Hook langsung aktifin Rot biar kamu nggak buang-buang waktu untuk ngekill musuhmu. Bagiku di DotA itu setiap detik sangatlah berharga, every seconds count! Jika disini kamu mendapatkan Mid Lane, mulailah keliling map karena dengan begitu kamu bisa menakuti musuh-musuhmu dan kamu juga bisa makin banyak nge-kill musuhmu. Kalau udah level 7-9, kasih Mid Lane ke hero lain, waktunya kamu keliling map dan bunuh hero musuh! NYIAAH FRESH MEAT!

Mid Game
Saat ini sudah seharusnya kamu menjadikan barang-barang yang sebelumnya kamu beli dan jadikan barang-barang yang akan kamu beli, atau minimal beli bagian-bagian dari barang-barang itu. 3 Ironwood Branch diawal jadikan Magic Stick! Magic Stick sangat berguna dalam keadaan apapun dan dalam situasi apapun kalau kamu tau kapan harus menggunakannya. Lalu beli juga bagian-bagian Item yang kamu pilih dari 2 pilihan Item Build di atas. Saran, kalau ambil Aghanim's Scepter Rush Build beli Point Booster dulu, lalu Ogre Axe/Staff of Wizardry, lalu Staff of Wizardy/Ogre Axe, terakhir Blade of Alacrity. Kalau Hood of Defiance Rush Build, beli 2 Ring of Regenaration dulu atau Ring of Health biar regen nyawamu cepet. Setelah itu belilah sisanya. Jangan lupa jadiin sepatumu, terserah kamu mau jadiin Phase Boots, Arcane Boots, Boots of Travel, atau Power Tread, seenaknya kamu aja :p Jika semua Itemmu sudah jadi semua, dari Build of Choices manapun, incar Item yang membikinmu badak! Taras dan Pipe adalah Item yang wajib dibawa Pudge karena keduanya sangatlah membantu Pudge untuk menjadi seorang yang hero yang SUPER BADAK RAWR! Apalagi Pipe bisa membantu War karena Buffnya yang sangatlah kuat. So, kasarnya, inilah item akhir Pudge!

Mid to Late Game Item


Late Game
Late game, waktu dimana kamu sudah bisa menjadi seseorang yang bisa dibilang psikopat karena jika kamu over fed dari awal, kamu akan bisa menghabisi semua hero musuh sendirian ataupun bersama-sama. Saat ini Meat Hook-mu menjadi sangat crucial karena bisa jadi Meat Hook-mu digunakan untuk membuka sebuah War kecil-kecilan atau War besar-besaran. Saat itu jangan lupa juga berikan semua yang kamu punya agar kamu menang War dan memenangkan game!

Other Item of Choices

Disini gue cuma ingin membahas Item lain yang bisa dibilang cocok juga untuk Pudge, tapi gue sih saranin kalo Item-Item ini dibeli tergantung situasi dan kondisi yang ada. Check it out!

 Force Staff
Jujur aja gue juga bingung mau masukin ini ke Main Build atau cuma ke Side Build doang. Tapi faktanya Item ini sangatlah bagus karena ini bekerja kayak Kellen's Dagger of Escape yang tidak bisa digunakan oleh Pudge. Selain itu, kalau kamu bisa menggunkan Force Hook secara benar dan lancar, masukan Item ini ke Main Build. It will be wicked dude!

 Black King Bar
Musuh banyak caster yang sukanya ngganggu kamu pas lagi mau Dismember, beli ini dan koyak-koyak musuhmu!

 Urn of Shadows
Jika kamu membutuhkan regen mana dengan bonus heal kalo kamu ngekill hero, maka kamu harus beli ini. 1 tepuk, 2 lalat mati ~.~

Ancient Janggo of Endurance
Memberikan AS & MS Boost sekalian ada INT Boost yang bisa ngasih tambahan di Mana Pool-mu. Selain itu kamu juga bisa ngasih support ke musuh dengan Buff-nya kalo kamu klik!

Medallion of Courage
 Mau damage kamu dan damage temen-temenmu makin sakit? Beli Item ini maka keinginanmu akan terkabulkan yohoho~ Tapi ingat, kamu mengorbankan 6 armormu yang nantinya akan membuatnya empuk.
Shiva's Guard
Memberikan +Armor yang lumayan besar dan +Mana Pool yang lumayan besar juga. Worth the price, but not worth the time to farm it.

Assault Cuirass
Memberikan +Armor yang SUPER SEKALI dan juga bisa -Armor musuh. Cocok kalo kamu mau jadi badak yang punya AS juga :p
Blade Mail
Efeknya yang Return Damage APAPUN yang kamu terima selama kamu ada status Blade Mail cukup menguntungkan. Apalagi dipake pas kamu lagi Dismember. Musuh bisa kebingungan mau nyerang kamu atau enggak.

Best Allies

 Omniknight
Heal, Magic Immunity, Slow, Nearly Godlike Regen and Armor. Itulah skill-skill dari Omniknight yang membuat dia bisa menjadi Your Best Friends Forever!  Kamu nge-Hook, Omniknight nge-Heal dan ngasih kamu Repel yang artinya kamu dapet BKB gratisan! Apa ndak gila itu? Selain itu dia juga bisa bantu slow musuh kamu yang nanti berhujung pada kondisi Super Slow untuk musuhmu jika digabung sama Rot-mu. Jangan lupa kalau nyawamu menipis dia bisa pake Guardian Angel yang bisa membalikan keadaan dalam sekejap!

Worst Enemies

Doom Bringer
Your worst nightmares! Doom-Lvl? Death-ChaseChaseChase-BOOM You're a dead meat! Dengan kombo yang kayak gitu udah bisa dipastikan 80%-90% (tergantung sikon) kamu pasti akan mati. Doom-nya itu bener-bener menganggu permainanmu, hati-hati kalo lawan pick Doom Bringer saat kamu pake Pudge, apalagi disaat kamu lagi pembelajaran. Watch yourself ~.~


Silencer
Curse of the Silent bisa mengganggu kamu karena selain ngabisin HP & MP itu juga memaksa kamu buat ngeluarin skill (yang pasti antara Meat Hook atau Dismember) yang artinya membuang momentum kamu buat nge-kill.

 Bloodseeker
Again, silence and even bleeding! Yes, bleeding! One of the worst enemies, but not that worst. Bloodrage-nya bener-bener mengganggu kamu yang skill dependant. Selain itu juga Rupture-nya bisa bikin kamu panik dan sebel juga karena damage-nya yang lumayan sakit.

Omniknight
Yeah dude, your best allies can be your worst enemies! Di Best Allies Section udah dijelasin tentang skill-skillnya dan bisa diliat kalo semuanya bener-bener bisa ngelawan Pudge kalo yang make Omniknight berotak. Satu-satunya yang paling bisa mengganggu kamu adalah Repel-nya karena ngasih Magic Immunity sedangkan kamu skill dependant yang membutuhkan skill agar bisa nge-kill hero musuh.
Video

Di sini aku cuma pengen ngasih beberapa video yang bisa jadi refrensi seperti apa Pudge yang sebenarnya. Well nonetheless, here goes!

DotA - Butcher Chuan : I Can Feel You
 

DotA Butcher Chuan II : I Can Read You


Enjoy :D
 Credits
  • Allah SWT, karena tanpa-Nya gue nggak akan bisa hidup di dunia ini
  • Amina Noor Aisyah, temen gue yang membuat gue jadi pengen blogging lagi -_-
  • Gue, karena bisa membuat guide yang semoga bisa membantu kalian semua
  • Kalian, karena tanpa kalian gue nggak akan mau buat guide lagi LOL
That's all guys! Terima kasih atas perhatiannya dan semoga post gue ini bermanfaat.  
Once again, THANK YOU VERY MUCH GUYS ! :*

4 comments:

NoxMer mengatakan...

hey ndu, namaku bukan aminah ya tapi amina dicek ulang tulisannya -_-

Pandu Satryo Pangarso mengatakan...

ups maaf -__- oke aku edit yohoho~

NoxMer mengatakan...

that's better ;)

Pandu Satryo Pangarso mengatakan...

sangkyuuuuu ~.~

Kingdom Hearts - Help Select